Monday 12 June 2017

KHAYALAN TINGKAT TINGGI ANAK KAMPUNG


Pada jaman dahulu kala, pada tahun 2005 gak sengaja beli majalah HAI dan didalamnya terdapat Formulir ' pencarian bakat ' yg bernama The Dreamband 2005 ( edisi ke 2 ) yg acaranya di siarkan di TV7 saat itu ..
Awalnya ragu mau ikut karna audisinya bukan grup band , tapi individu .. takut, gak PEDE ' saingan ' sama vocalis vocalis dijogja yg kece kece ..

setelah ' bertapa ' sejenak , akhirnya mencoba memberanikan diri untuk ikutan ajang tersebut ..

Registrasi di Geronimo FM waktu itu dan dapetlah no audisi ' 1111 ' , panitia di radio tersebut nyeletuk ' wah nomer audisi nya kayaknya HOKI nih mas ' , dalam hati cuma jawab ' amin ' sambil senyum ..

Hari audisi pun tiba , lokasinya di Monumen Serangan Umum 1 maret ( malioboro , Jogja ) ..
Begitu datang ternyata peserta audisi sudah bejibun ( konon katanya untuk vocalis saja ada sekitar 3000ribu peserta ) ..
Deg degan ?? wahhh pasti brohhhhh ..
Bahkan sudah capek ngantri dan tinggal nunggu 5 antrian untuk audisi mendadak mental down dan langsung cabut dr tempat audisi , saat itu coba tenangin diri di belakang Kantor Pos ..

Setelah berfikir fikir lagi ' ah ngapain juga takut ' , kan cuma audisi biasa, lagian juga kalau gak lolos juga gak ada yang tahu ..

akhirnya balik lagi ketempat audisi dan otomatis ngantri ulang dannnnnn tibalah saatnya audisi ,, naik keatas panggung ( audisinya terbuka , ditonton banyak orang ) ..

Salah satu juri ( kalau gak salah mas Pongki Barata / Jikustik ) tanya mau nyanyi lagu apa ? karna sudah ada lagu wajib nya , terpilihlah lagu PETERPAN : Khayalan Tingkat Tinggi yang menjadi lagu audisi saya ..

Lagu ini juga saya pilih bukan karna tanpa sebab , judul lagu ini paling tidak mewakili perasaan saya waktu itu sebagai ANAK KAMPUNG yang punya KHAYALAN TINGKAT TINGGI untuk ' bersaing ' sama anak kota ..

Baru nyanyi sampe Reffrain langsung di cut sama juri suruh berhenti dan akhirnya turun panggung .. mendadak langsung pesimis kalau bakal lolos hehehe ..

Singkat cerita ternyata Anak Kampung ini masih ' bernasib baik ' , ternyata lolos ke tahap ke 2 penjurian The Dreamband 2005 yg waktu itu di adakan di Piramid Cafe ( jalan Parangtritis ) ..

Setelah di coba jamming dengan beberapa personel oleh pak produser The Dreamband Jogja ( Mas Andy Bayou ) , akhirnya di bentuklah 2 band perwakilan jogja .. 
ZEN ( Helmy : Vocal | Mario : Gitar | Yudha : Gitar | Arief : Bass | Wisnu : Drum ) 
Flow ( Ajeng : Drum | Dio : Bass | Fajar : Gitar : Evi : Vocal )

Senang ?? pasti !! .. Gembira ?? Sudah tentu !!

Tapi ternyata Senang, gembira ini mendadak hilang ketika masuk proses KARANTINA di Apartemen Sejahtera ( Selama Hampir 1 bulan ) ..
Karna ternyata tidak sesederhana yg dibayangkan , mewakili jogja trus langsung latian dan manggung hehe ..

Hampir selama 1 bulan karantina , Satu persatu personel ZEN mulai mengeluh dan terbersit untuk keluar dari ajang pencarian bakat ini ..
Selama 1 bulan penuh di jejalin cuma musik musik musik dan musik .. yang saat itu saya pribadi blm tau banget apa manfaatnya ..

Sifat keras dan cenderung kasar produser ZEN yg buat mental saya saat itu berontak dan cenderung tidak memperdulikan materi yang diberikan .. niatnya cuma kelar Karantina , manggung trus beres !!

Tapi ternyata justru Keras dan kasar nya Mas ANDY BAYOU sebagai produser ZEN baru mulai saya sadari setelah program The Dreamband 2005 Kelar .. Suwun mas ANDY BAYOU buat semua ilmu nya


Lanjut ke ZEN , akhirnya berangkatlah ke jakarta mewakili jogja bersama FLOW .. setelah SHOW PAMER di TV7 , masuklah ke tahap eliminasi ..

Saat itu ZEN di Battle dengan band asal Bandung ( ankara ) , yang vocalisnya sekarang menjadi vocalis Five Minutes ..

Deng Deng Deng ( anggap aja bunyi yg mendramatisir ) ... ZEN akhirnya keluar sebagai " juara 1" eliminasi alias sebagai band pertama yg keluar dari ajang The Dreamband 2005 hehehe ...

Kecewa ?? pasti !! .. kemudian kami pulang ke jogja untuk mencoba ' melanjutkan yang tersisa , meski semua telah berbeda " ehhhhh kok jadi lirik lagu hehehe ..

Terlepas dari semua itu akhirnya paling tidak ANAK KAMPUNG ini punya pengalaman dan nambah buanyak temen dikalangan musisi ( jogja ) khususnya dan tetap punya KHAYALAN TINGKAT TINGGI untuk terus ngeband hehehe

Setelah ZEN , dapet tawaran dari gitaris SEVENTEEN ( Yudhi a.k.a Umbel ) untuk audisi vocalis baru SEVENTEEN yang saat itu bersaing sama IVAN ( vocalis yang sekarang ) .

Dapet Rekomendasi juga dari teman untuk ngisi kekosongan vocalis TIKET , berangkatlah ke jakarta untuk take sample vocal, dan ternyata gak jodoh hehe ..

alhasil jodohnya malah ngeband sama sang idola eross candra yang saat itu pengen bikin side project .. nama band nya itulah pokoknya , ada di salah satu tulisan saya di blog ini hehehe ..

Side project dengan eross candra vakum , tiba tiba eross ' menjual ' saya untuk jadi vocalis BRUTAL band ( besutan Bimo , Drumer ex Netral ) . tapi gak jadi karna satu dan lain hal hehehe ..

Datang pula tawaran dari BUDI DRIVE untuk menggantikan teman sendiri waktu itu , untuk gantiin ANJI di DRIVE band .
Kebetulan sudah kenal sama ANJI sejak tahun 2005 waktu The Dreamband , saat itu dia menjadi team dari ARES band ( Tantri Kotak ) . Setelah coba take sample vocal buat drive ( 2 lagu ) , alhasil yang terpilih gantiin Anji adalah Takaeda .

Ternyata angin berhembus membawakan mimpi baru ...
Anak Kampung ini lanjut berkarya dijogja , bikin project di negara tetangga bareng Musisi Malaysia dan singapore ( salah satu personelnya basist SLAM ) hehehe ..

Bikin Album Sama EVERLONG dan Bantuin Jamphe Johnson juga ( eh lagunya Everlong dan Jamphe Johnson bisa di nikmati di Itunes, Spotify, Joox dll ya hehehe ) .. boleh lah promo hehe ..

Sekarang tetap mencoba menjadi ANAK BAND , tapi sementara sedang menikmati menjadi BAPAK BAND hehehe

Saya sekarang membangun sebuah agregator musik bernama PEPADU BADJANG DIGITAL yang bermarkas di LOMBOK , buat temen temen yang mau lagunya di distribusikan di ITUNES, JOOX , SPOTIFY , dan Digital Store seluruh dunia bisa dibantu distribusikan oleh PEPADU BADJANG DIGITAL secara gratis .. 
Info Detail Like aja Fan Page Pepadu Badjang 


Selain itu juga ada www.freesongdelivery.com , sebuah website donlod gratis lagu lagu , hampir sama dengan reverbnation dan soundcloud , cuma bedanya adalah FREE SONG DELIVERY memberikan kalian data detail ( nama , no tlp , email ) para pendonlod lagu kalian . 
info lengkap silahkan Like juga Fan Page Free Song Delivery at bias juga leg SIGN UP di website sebagai Musisi ( kale may upload lag ) dan sebagai Penikmat Musik ( kalau mau donlod gratis )


Apa kesimpulan dari tulisan ini ?? apa pesan moralnya ??
Gak usah berat berat lah pake kesimpulan atau pesan moral .. 
dipikir santai dan tetap berkarya aja deh hehehe



TERIMAKASIH YANG SUDAH MAU BACA

JANGAN DI LIKE DAN SUBSCRIBE




1 comment:

  1. aku "Kecaduan" suaramu... ahaha sukses mas Helmy
    btw mas punya kenalan Agregator didaerah jogja yang bisa bantu distriusikan secara gratis gak mas? hehe

    ReplyDelete