Wednesday 15 January 2014

It's Me Jagostu and Eross Candra

mau bercerita dikit tentang band yg sekarang sedang vakum karna sebuah alasan yg tidak boleh di publikasikan ( rahasia perusahaan ),band ini mengajarkan saya banyak hal. Tentang bagaimana bermusik,industri itu seperti apa dll..

saya adalah seorang pria kelahiran lombok Nusa tenggara barat..tahun 1999 ( tamat SMA ),awalnya mau kuliah di lombok tp karna saat itu Sheila on 7 lg booming,mendadak terbersit pikiran untuk kuliah dijogja agar bisa ngeband + siapa tau bisa ketemu sama Eross Candra dan personel So7 yg lain. Setelah terpaksa membohongi orang tua dengan alasan bahwa sudah diterima disebuah tempat kuliah ( modal brosur tempat kuliah abal-abal ).
Tanggal 16 juli berangkatlah sendirian ke jogja,awalnya numpang dikos temen ( gedong kiwo ). Selama kuliah sering tanya2 sama beberapa musisi jogja tempat nongkrongnya SO7 ( alamanda studio ),kadang curi2 waktu kesana tp tetep aja gak pernah ketemu.pertama kali ngeliat eross di mall malioboro tp malu mau negur,alhasil ya cuma ngeliatin doang.
kalo pas pulang kampung ke lombok,temen2 sering tanya sudah ketemu atau kenal sm eross atau gak,,sy selalu bilang kalo sy sudah ketemu dan sudah kenalan,,padahal bohong ( jgn ditiru y hehehe ) 

waktu terus berjalan sampai akhirnya setelah lulus kuliah ( 2003) sy memutuskan untuk tetap tinggal dijogja dan ngeband. Tahun 2005 keberuntungan itu datang setelah sy iseng ikutan sebuah ajang pencarian bakat band ( Dreamband TV 7 ),padahal saat itu uang saku tinggal 20rb dan harga formulir Dreamband di majalah Hai harganya 10rb. Ternyata keisengan itu berbuah manis,alhamdulilah sy terpilih menjadi vocalis dr salah satu band perwakilan jogja ( ZEN ). Saat melakukan Promo manggung zen di TJ's cafe jogja ( 13 juni 2006 ) ,ternyata eross dateng nonton. Dan yg bikin kaget dia tiba2 meminta kenalan dan minta nomer hp dan menawarkan sebuah project. tanggal 3 september 2006 mendadak nomer tak dikenal masuk memanggil dan ternyata eross yg tlp dan bilang klo project siap dijalankan,malam harinya eross jemput buat dibawa kestudio untuk dengerin materi project tsb.

Sebelumnya dia menjelaskan bahwa ini adalah sebuah band SIDE PROJECT,wadah bagi karya2 nya yg tidak masuk ke Sheila on 7.
Proses adaptasi diproject ini terhitung sangat cepat,eross hanya bilang " gaya bernyanyimu akan berbeda dengan bandmu zen ",referensi yg diberikan adalah ARCTIC MONKEY dan GRAHAN COXON.

Tanggal 14 desember 2006 rekaman lagu pertama yaitu Ampun Dj dilakukan. Kurang lebih 3 bulan materi album pertama 12 lagu selesai ( rekaman,mixing,mastering).
Dimulai dengan manggung manggung,dari sini saya belajar banyak dari eross yg notabene sudah malang melintang didunia musik.

Selama manggung dikota-kota di indonesia,dia gak pernah minta fasilitas mewah buat JAGOSTU,dia selalu bilang JAGOSTU adalah band baru,dia gak pernah mau memanfaatkan nama besarnya ( eross SO7 ), jika saat itu beberapa band (Major Label) punya standarisasi minimal Hotel bintang 3,eross gak minta macem2,,yg penting bisa tidur nyaman,losmen pun tak apa.. Hal itu benar2 dibuktikan dan dia nikmati, dibeberapa kota team jagostu ( 10 - 12 org ) hanya menempati 2kamar, 1 kamar buat personel dan 1 kamar buat crew. Eross selalu bilang buat apa fasilitas mewah tp bayaran kecil,,mending fasilitas sederhana tp bayaran mewah,,jd kan duitnya bs ditabung :) 


sekian dulu cerita saya ini,,lain kali disambung dengan sejarah dan fakta tentang JAGOSTU !

*terimakasih sudah membaca kawan* 










8 comments:

  1. jagostu ? ?
    hehehe setiil gati, mantap hep..

    ReplyDelete
  2. hahaha....
    d batam mas eross pernah naik kapal ndak kebagian tempat duduk...jd berdiri... :D

    ReplyDelete
  3. :( ketika baca artikelmu mas

    ReplyDelete
  4. beneran sumpah band band jogja lebih bersahabat,

    ReplyDelete
  5. Akhirnya nemu tulisan ini, asli dulu bertanya-tanya Jagostu kemana :( Saya suka lagunya sampai request di Swaragama terus 2009 kalau gak salah ingat :)

    ReplyDelete
  6. 2022 Masih masuk playlist di foobar Dan do mobil

    ReplyDelete